Manfaat Bayar Pajak Bagi Negara

Kamis, 29 Maret 2018 18:45


Benar jika ada yang mengatakan tak ada yang gratis di dunia, ini, bahkan untuk mendapatkan kenyamanan tempat tinggal di sebuah negara Anda tetap harus membayar, yaitu dengan pungutan pajak penghasilan pasal 21, mengingat semua hal yang berhubungan dengan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, jaminan keamanan hingga harta yang dimiliki semuanya bukan milik sendiri. Bahkan di beberapa negara ada sebuah kebijakan yang membuat masyarakat tidak bisa memiliki tanah di tempat tersebut, artinya kepemilikan hanya sebatas menyewa untuk beberapa tahun kedepan.
 
Tidak seperti di Indonesia dimana masyarakat dapat menikmati hak-hak tersebut, kemudahan bagi mereka di dalam me membeli tanah, membangun sebuah bangunan dan juga memiliki kendaraan. Namun ingat bahwa di setiap kekayaan yang dimiliki semuanya akan dikenai dengan pajak. Bahkan dari uang hasil pendapatan atau gaji yang diterima tersebut sebenarnya bukan milik pribadi sepenuhnya, mengingat ada sebagian dari uang tersebut yang sebenarnya merupakan milik negara. Digunakan untuk kebutuhan lainnya.
 
Kemana larinya uang pajak tersebut, bentuknya tentu ada banyak sekali, dengan masyarakat rajin dalam membayar pajak, sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang didapatkan, baik itu bagi pemerintah maupun bagi warna negara tersebut sendiri, berikut ini diantara manfaat-manfaat yang didapatkan:
 
Bagi masyarakat:
 
1.    Mendapatkan fasilitas umum yang memadai untuk mendukung aktivitas mereka, contohnya sendiri adalah jalan raya yang mulus dan nyaman digunakan untuk berkendara, tak lain sebenarnya hal ini adalah berasal dari uang membayar pajak tersebut. Jika tak ada uang pajak, sudah pasti nantinya pemerintah juga tak akan mampu membuat jalan dan infrastruktur yang sangat berguna bagi masyarakat.
2.    Jaminan pelayanan sosial dan juga keamanan tinggal di sebuah negara, Anda bisa dengan mudah membuat surat-surat penting di kelurahan tanpa harus mengeluarkan uang lagi, mendapatkan pendidikan yang memadai secara gratis untuk jenjang pendidikan SD sampai SMP bahkan juga dapatkan jaminan tinggal di dalam negara dengan adanya aparat yang menjaganya.
3.    Merasakan bahan bakar minyak dengan harga yang lebih murah, tahukah Anda bahwa sebagian banyak diantara nilai atau harga bahan bakar tersebut sebenarnya sudah dipotong dengan subsidi, uangnya tak lain berasal dari pajak.
4.    Mendapatkan bantuan pangan atau ekonomi, bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya kalangan bawah, mereka bisa merasakan bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah setiap waktunya berasal dari uang pajak.
 
Bagi pemerintah:
 
1.    Dipakai untuk membiayai berbagai macam bentuk pengeluaran negara, salah jika seandainya negara bisa hidup sendiri tanpa adanya negara lain, karena Indonesia tak memiliki semua manajemen sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk menunjang kehidupannya. Ada yang namanya export dan juga import, setiap export yang dilakukan membutuhkan dana yang tidak sedikit, berikut juga ketika akan membuat proyek di negara lain.
2.    Membiayai pengeluaran yang sifatnya adalah reproduktif, apa saja itu? Yaitu pengeluaran yang memiliki kemungkinan untuk menghasilkan keuangan lagi kedepannya, contohnya sendiri adalah dipakai dalam memberikan bantuan pertanian, pendidikan dan juga bantuan kesehatan pada masyarakat.
3.    Pembiayaan pengeluaran produktif, contohnya adalah yang selama ini sudah dirasakan yaitu menggaji para aparat negara, orang-orang yang bekerja dalam sebuah pemerintahan dan juga yang lainnya, mereka bekerja dengan mengeluarkan tenaga dan juga pikiran nantinya akan dibiayai oleh uang hasil pajak.
 
Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan jika masyarakat rutin membayar pajak mereka.

Sumber referensi: Sleekr blog