Cara Mengatasi Rasa Sering Buang Air Kecil

jumat, 13 Juli 2018 20:39


Buang air kecil adalah suatu peristiwa yang selalu terjadi setiap waktunya oleh manusia, yang mana peristiwa tersebut merupakan dikeluarkannya urin pada alat pembuangan air keicl dari uretra sampai meatus air kecil keluar dari tubuh. Buang air kecil sendiri sering kita dengar dengan sebutan pipis atau kencing. Normalnya manusia akan buang air kecil setidaknya sebanyak enam hingga tujuh kali dalam jangka waktu 24 jam. Namun, ada beberapa orang yang malah berbeda dari yang lainnya, misalkan mereka buang air kecil bisa lebih dari angka yang disebutkan sebelumnya atau malah kurang. Dan “terlalu sering buang air kecil” biasa disebut dengan beser.

Sering terjadi penyebab beser sendiri disebabkan karena banyaknya seseorang mengkonsumsi cairan. Selain itu, makanan atau minuman yang kita konsumsi juga mempengaruhi seberapa sering buang air kecil serta terkadang ada beberapa orang yang mengkonsumsi obat obatan, yang mana hal tersebut juga mengakibatkan sering terjadinya buat air kecil.
Dalam hal ini, ada beberapa cara bagaimana cara mengurangi atau mengatasi terjadinya beser tersebut.

1. Meminum air putih sesuai porsinya. Hal ini adalah yang mendasar cara mengurangi terjadinya beser tersebut. Jadi misal normalnya seseorang minum sebanyak 8 gelas setiap harinya. Nah buat kamu yang memiliki masalah dengan kandung kemihmu, yuk kurangi asupan airnya. Atau kalau kamu suka minum banyak air, sebaiknya minum air hangat. Hindari minum soda, teh, kopi atau alkohol supaya pipismu nggak berlebihan.

2. Tidak makan makanan pedas dan asam. Mengapa demikian? Makanan pedas dan asam bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih sehingga makanan-makanan ini sebaiknya dihindari. Dan selain itu adapun buah-buahan seperti jeruk, nanas, tomat dan yang lainnya justru bikin kamu pipis lebih sering.

3. Mengkonsumsi daun kemangi, yogurt, dan biji wijen. Mereka adalah makanan yang tergolong makanan yang baik untuk si suka beser. Adapun beberapa ramuan atau racikan yang biasanya sering dibuat, yaitu buat campuran daun kemangi dengan madu untuk mengurangi infeksi saluran kencing dan sebaiknya diminum setiap hari ketika perut kosong. Konsumsi yoghurt juga membantu mengurangi infeksi akibat pipis berlebihan karena mengandung zat antibakteri. Dan untuk biji wijen dicampur dengan  jaggery

4.    Melakukan senam kegel. Senam ini adalah merupakan latihan dasar pinggul yang sudah dilakukan sejak dahulu. Cara ini tergolong efektif dan dianjurkan oleh ahli kesehatan. Caranya yaitu dengan cukup fokus dan rileks, kendurkan otot panggul dan otot perut pada waktu bersamaan. Lakukan gerakan seperti saat kamu lagi pipis, tahan selama 5 detik, lalu dipipiskan lagi, ditahan lagi begitu seterusnya. Dan bagusnya, senam ini dapat dilakukan kapan saja seperti saat duduk, berdiri, berjalan atau saat tiduran.

Sumber referensi: https://confidence-adultcare.com/ - popok orang tua dan dewasa


Please login for commentKomentar
Mama
Kalau kita sih enggak beser tapi masalahnya sering nahan kencing tuh